Organisasi
dan Metode
Pengertian
Organisasi dan Metode
Sebelum
menginjak pada materi membahasan organsisasi, berikuti diuraikan terlebih
dahulu pengertian organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan
ditinjau secara sekilas arti dari kata organisasi dan metode. Istilah
organisasi dapat diartikan sebagai berikut:
·
Wadah :
Sekelompok manusia untuk saling bekerja sama.
·
Proses :
Pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien.
Sedangkan
istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan
secara efisien. Pengertian Organisasi dan Metode secara lengkap
adalah Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukanuntuk menibgkatkan
kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses
Manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau
birokasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Dari
pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
- Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
- Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
- Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
- Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Organisasi
adalalah sekumpulan orang yang bekerja sama yang mempunyai tujuan yang sama dan
mempunyai manajemen.dan setiap menajemen itu sendiri tidak pernah terlepas dari
4 hal ini di antaranya adalah:P,O,A,C. Yaitu:
- PLANING adalah perencanaan
- Organization adalah pengorganisasi
- Actuniety adalah penepatan sesuai prosedur
- Controling adalah pengawasan
Jadi
sepintar apapun orang dengan beragam title dan sarjana jika ia membuat organisasi
maka ia tak akan terlepas oleh 4 hal ini,karena ini selalu mencakupi untuk
berjalannya roda organisasi itu sendiri.dan begitu banyak sekali macam-macam
definisi organisasi itu sendiri dan saya hanya menjelaskan define umum organisi
dari orang yang termuka diantaranya adalah:
Definisi organisasi:
Definisi organisasi:
- Menurut chester I bernand(suatu system kegiatan bersama antar 1 orang dan lebih daro 2 orang,sesuatu sifat yang tidak berwujud &tidak bersifat berseorangan dan sebagian besar mengenai hubungan)
- Menurut JOHN M.GOUS(tata hubungan antar orang-orang untuk untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas & dan bertanggung jawab atas tugasnya)
- Menurut JOMES D.MOONEY( bentuk kerjasama manusia untuk pencapai tujuan bersama)
Dan organisasi
itu juga mempunyai pandangan diantaranya adalahsebagai pandangan wadah”tempat
kegiatan dilaksanakan,dan juga sebagai proses”yaitu hubungan formil dan
informal,dan sebagai system.
Organisasi
sebagi wadah jadi wadah sebagai tempat pelaksanaan organisasi tersebut
Orgabisasi sebagai proses adalah memperhatikan interaksi atau kerjasama antar anggota dalam organisasi dan proses di bagi menjadi 2 yaitu proses formal dan proses informal
Dan proses formaladalah organisasi pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Proses informal mempunyai 3 peranan yaitu:
Orgabisasi sebagai proses adalah memperhatikan interaksi atau kerjasama antar anggota dalam organisasi dan proses di bagi menjadi 2 yaitu proses formal dan proses informal
Dan proses formaladalah organisasi pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Proses informal mempunyai 3 peranan yaitu:
1. untuk saran komunikasi
2. untuk engatur kerjasama
3. untuk memelihara kebebasan dalam
bertindak
·
Organisasise
bagai system sosial suatu system antar hubungan sesame manusia
·
Sebagai
system fungsional => antar fungsi fungsi yang dikaitkan secra tertentu &
integral untuk mencapai tujuan organisasi
·
Komunikasi
yakni tata salura antar arus informasi dalam organisasi
Bagaimana sebuah organisasi bisa dikatakan baik?
Organisasi yang baik bisa di katakan organisasi yang terorganisir, organisasi
yang mempunyai visi dan misi atau tujuan yang jelas, organisasi yang mempunyai
perencanaan yang matang,organisasi yang mempunyai kreatifitas dan inofatif dalam
membuat perencanaan,organisasi yang bisa berkembang sesuai dengan tujuan dan
visi misi yang sudah menjadi kesepakatan. Sekarang ini banyak organisasi yang
gagal. Ini karena hal-hal diatas tidak terpenuhi.
Kerjasamamerupakan salah satu kunci keberhasilan.
Kerjasama yang baik bisa menjadi awal sebuah organisasi bisa berjalan dengan
lancar dan baik,di samping itu juga perlu adanya komunikasi yang baik pula.
Tanpa ada kerjasama dan komunikasi yang baik,sebuah organisasi tidak akan bisa
bertahan lama, Jika hal-hal itu tidak terpenuhi maka organisasi tidak akan
berjalan dengan baik.
Bentuk
Organisasi Niaga
Dalam pembahasan ini saya akanmembahas bentuk
organisasi Niaga yaitu Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Terbatas (PT), adalah
suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari
saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya.
Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan
kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan. PT
dipimpin oleh direksi, Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta
Perseroan terbatas merupakan badan usaha dan besarnya
modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan perusahaan terpisah
dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki harta kekayaan
sendiri. Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu saham yang menjadi bukti
pemilikan perusahaan. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang terbatas,
yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi kekayaan
perusahaan, maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab para
pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut
dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan
memperoleh bagian keuntungan yang disebut dividen yang besarnya tergantung pada
besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas.
Selain berasal dari saham, modal PT dapat pula berasal
dari obligasi. Keuntungan yang diperoleh para pemilik obligasi adalah mereka
mendapatkan bunga tetap tanpa menghiraukan untung atau ruginya perseroan
terbatas tersebut.
Untuk mendirikan PT, harus dengan menggunakan akta
resmi ( akta yang dibuat oleh notaris ) yang di dalamnya dicantumkan nama lain
dari perseroan terbatas, modal, bidang usaha, alamat perusahaan, dan lain-lain.
Akta ini harus disahkan oleh menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik
Indonesia (dahulu Menteri Kehakiman). Untuk mendapat izin dari menteri
kehakiman, tentunya juga harus memenuhi syarat-syarat
· Visi : Untuk menjadi yang terdepan
dalam memenuhi kepuasan Mitra Usaha / Klien.
· Misi : Memberikan pelayanan terbaik
kepada Mitra Usaha dengan sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan Sumber
Daya Manusia kami sebagai tenaga terlatih yang profesional sehingga mampu untuk
bersaing didunia internasional.
Struktur
Organisasi
Dengan melakukan pemilihan serta penentuan struktur
organisasi yang tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi dalam perusahaan
maka pencapian tujuan perusahan akan lebih terarah. Selain itu denga struktur
organisasi yang jelas dan baik maka akan dapat diketahui sampai dimana wewenang
dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugasnya.
Dalam menjalankan aktivitas usahanya, PT menerapkan struktur organisasi
fungsional dimana organisasi menurut fungsi menyatukan semua orang yang
terlibat dalam satu aktivitas yang disebut fungsi dalam satu group.
Bentuk
Fungsional
Ciri–ciri: Bawahan mendapat perintah dari beberapa
pejabat yang masing-masing menguasai suatu bidang keahlian tertentu dan
bertanggung jawab sepenuhnya atas bidangnya. Pada bentuk ini pimpinan
mempercayakan sepenuhnya kepada para ahli dalam bidang masing-masing.
Kebaikan :
- Bidang pekerjaan khusus diduduki oleh seorang ahli yang memungkinkan bekerja atas dasar keahlian dan kecintaan akan tugasnya.
- Tanggung jawab atas fungsinya terjamin.
Keburukan :
- Koordiansi sulit dilaksanakan
- Dapat menimbulkan dispersonalisasi
- Keahlian memimpin kurang dapat dijamin
- Atas kesatuan komando sulit dilaksanakan
Adanya
Strukrur Organisai pada perusahaan merupakan manifestasi dan cerminan dari
kekuatan manajemen SDM perusahaan dalam mencapai Visi dam Misi bisnis
perusahaan. Struktur organisasi perusahaan yang tepat, efektif, dan
efisien akan memberikan jaminan kinerja perusahaan yang tinggi, demikian pula
sebaliknya. Jika desain struktur organisasi tidak optimal, akan mengakibatkan
efek yang berkepanjangan terhadap lemahnya kinerja organisasi perusahaan,
meskipun sekarang setiap organisasi sudah maju tetap saja perusahaan harus
memiliki struktur organisasi. Agar organisasi dapat terkontrol.
Manajemen
dan Organisasi
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Rumusan
tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan
kerjasama
disatu pihak dengan tujuan di pihak lain.
No comments:
Post a Comment