Wednesday, November 27, 2013

12. Pentingnya Membuat Perencanaan Strategis dalam Bisnis

Pentingnya Membuat Perencanaan Strategis dalam Bisnis

Sebuah  perencanaan  bisnis  adalah  gambaran  kegiatan  atau  program kerja  perusahaan  atau  wirausaha  ke  depan,  melalui  program-program  yang telah  ditentukan  sebagai  upaya  untuk  menggapai  tujuan  bersama.  Perencanaan  menggambarkan  prediksi  dan  tindakan  yang  akan  dilakukan  daam  jangka  pendek,  menengah,  dan  panjang oleh  perusahaan.
Untuk  menggapai  tujuan  tentunya  dibutuhkan  perencanaan  yang  strategis  yang  mampu  mewadahi  jalannya  perusahaan  sesuai  dengan  situasi dan  kondisi.  Lantas,  pahamkah  Anda  tentang  perencanaan  strategis?  Peencanaan  strategis  adalah  perencanaan  yang  mempertimbangkan  tentang  apa  yang  hams  dilakukan  sebuah  organisasi,  cara  melakukannya, dan  arah  tujuan  organisasi  tersebut  sehingga  sebuah  organisasi  atau  perusahaan  akan  berjalan  dengan  efektif  dan  efisien  sesuai  dengan  perencanaan  kerja.
Dalam  sebuah  perencanaan  strategis  para  wirausahawan  harus  mebuat jawaban  atas  pertanyaan-pertanyaan  sebagai  berikut :
  • Apa  posisi  sekarang?
  • Bagaimana  Anda  mencapai  posisi  sekarang?
  • Bisnis  Apa  yang  Anda  jalankan?
  • Apa  perspektif  masa  depan  Anda?
  • Apa  rute  yang  Anda  rencanakan  untuk  mencapai  tujuan  Anda?
Tanpa  strategi  yang  mumpuni,  maka  sebuah  perencanaan  tidak  akan berpengaruh  apa-apa  dalam  implementasi  kerja  di  lapangan.  Untuk  itu, butuh  sebuah  formulas!  yang  jitu  untuk  sebagai  stimulus  bagi  jalannya  perencanaan  yangsudah  disusun.  Perencanaan  strategis  mencakup  kerangka dan  proses  yang  akan  memandu  para  wirausahawan  dalam  mengarungi usahanya  sehingga  terdapat  pedoman  dalam  melakukan  tindakan  kerja  di lapangan.  Tuntutan  pasar  dan  perbedaan  harapan  konsumen  yang  beragam  tentunya  mengharuskan  Anda  untuk  melakukan  evaluasi  dalam  perencanaan  program  kerja.
Ketika  sebuah  perencanaan  sudah  tidak  relevan  untuk  diterapkan, sebaiknya  Anda  menggantinya  dengan  perencanaan  yang  lebih  baik  lagi. Perencanaan  yang  lebih  sesuai  dengan  situasi  dan  kondisi  di  lapangan.  Untuk  lebih  memperdalam  lagi  pengetahuan  Anda  tentang  perencanaan strategis,  sebaiknya  Anda  mengetahui  karakteristik  perencanaan  strategis dalam  dunia  bisnis  sehingga  perencanaan  yang  Anda  buat  tidak  keliru.
  1. Perencanaan  sebaiknya  fleksibel  sehingga  mudah  beradaptasi  dengan perubahan  yang  disebabkan  oleh  permintaan  pasar  dan  pengaruh lingkungan  masyarakat.
  2. Perencanaan  sebaiknya  bersifat  responsif  atas  lingkungan  dan  kondisi  pasar.
  3. Perencanaan  sebaiknya  cukup  kreatif  untuk  menginspirasi  komitmen dan  membuat  perencanaan  yang  dapat  menonjolkan  perusahaan atau  organisasi  di  dunia  bisnis.
  4. Perencanaan  sebaiknya  menantang,  tetapi  Anda  harus  membuat  perencanaan  yang  realistis  sehingga  orang  dapat  menerima  dan  mau bergabung  dalam  usaha  Anda.
  5. Perencanaan  harus  fokus  secara  jelas,  terdefinisi  dengan  baik,  dan tidak  ambigu.
Setelah  lama  kita  berbicara  permasalahan  perencanaan  strategis, tahukah  Anda  tujuannya  dalam  sebuah  usaha?  Berikut  ini  tujuan  perencanaan  strategis.
  1. Memberikan  pemahaman  pada  organisasi/perusahaan  mengenai posisi  organisasi/perusahaan  dalam  pasar.
  2. Memberikan  arahan  dan  tujuan  pergerakan  organisasi/perusahaan.
  3. Meningkatkan  komunikasi  dan  motivasi  orang-orang  yang  terlibat dan  mengetahui  prospek  bisnis  mereka  ke  depan  sehingga  dapat memotivasi  mereka  untuk  bekerja  dengan  kepercayaan  diri  dan  kerja keras.
  4. Kontrol  pada  masalah  utama  seperti  kualitas,  produksi,  dan  customer.
  5. Membantu  organisasi  mencapai  hasil  yang  diinginkan  dan  menjadi target  organisasi/perusahaan  selama  ini,  yang  telah  tersusun  dalam perencanaan  bisnis.
Kisah Sukses Joe  Hartanto,  Figur  Wirausahawan  yang  Pandai  Mengatur  Strategi  Bisnis
Joe  Hartanto  begitulah  namanya,  seorang  wirausahawan  yang jenius yang  cerdas  dalam  bermain  strategi  kewirausahaan.  Usahanya  yang  dimulai  dari  nol.  Namun,  dengan  modal  kepiawaiannya  dalam  mengatur  strategi  dan  konsistensinya dalam  menjalankan  usaha,  ia  bisa  sukses  juga.
Meskipun  ia  sempat  mengalami  kegagalan  berkali-kali  hingga  terjatuh bangun  dalam  usahanya  tidak  lantas  membuatnya  patah  semangat.  Pengalaman  dari  kegagalan-kegagalan  yang  dialaminya  dalam  merintis  usaha justru  menjadi  salah  satu  power  yang  dimiliki  oleh  Joe.  ia  mampu  untuk memetik  pelajaran  dan  hikmah  dari  kegagalannya  dalam  merintis  usaha.
Banyak  memakan  asam  garam  kehidupan  dunia  bisnis  membuat  Joe  menjadi  orang  yang  dewasa  dan  matang  dalam  berpikir.
Bisnis  yang  ia  geluti  saat  ini  berbeda  dengan  bisnis  terdahulu,  dimana  Joe  melakukan  perubahan  pada  strategi  pengelolaan  bisnis.  Baik  dari pemasaran,  pelayanan,  dan  lain-lain,  la  lakukan  agar  sesuai  dengan  permintaan  customer.  Kerja  keras  dan  konsisten  tinggi  membuat  bisnis  investasi properti  yang  menghasilkan  passive  income  dan  juga  memiliki  berbagai divisi  usaha  yang  sukses  dan  menguntungkan.
Rahasia  kesuksesan  seorang  Joe  terletak  pada  strateginya  yang  unik dan  luar  biasa  dalam  membangun  peternakan  atau  portfolio  properti  tanpa harus  mengeluarkan  modal,  dan  mendapat  tambahan  modal  untuk  mengembangkan  usahanya  yang  lain.  Disebabkan  efektivitas  strategi  Joe dalam  bidang  bisnis  tersebut  membuatnya  mendapatkan  keuntungan  yang luar  biasa,  bahkan  omzetnya  mencapai  20  kali  lipat  dalam  rentang  waktu 3 tahun  saja.
Betapa  pentingnya  sebuah  strategi  dalam  merintis  sebuah  usaha.  Terlebih  lagi  dalam  dunia  bisnis  yang  memang  menghadapi  risiko  yang  sangat tinggi.  Strategi  dalam  dunia  usaha  adalah  sebagai  power  bagi  seseorang yang  tidak  dimiliki  oleh  orang  lain  sehingga  usahanya  tidak  mudah  tergerus oleh  persaingan  bisnis.
Strategi  yang  dilakukan  oleh  Joe  adalah  strategi  yang  luar  biasa yang  mana  ia  menerapkan  strategi  unik  yang  tidak  dimiliki  oleh  orang  lain sehingga  menjadikan  strategi  Joe  sebagai  sebuah  kekuatan  tersendiri  untuk usahanya.  Sebuah  strategi  berguna  untuk  mensiasati  dalam  pengelolaan bisnis  sehingga  akan  berjalan  dengan  efektif  dan  efisien.

No comments:

Post a Comment